Selasa, 08 Juni 2010

Matikan Rokok sebelum ia Mematikanmu!

MATIKAN ROKOK,
SEBELUM ROKOK MEMATIKAN ANDA
Oleh: M. Nashrun
Adakah Kebaikan?
Merokok adalah sudah menjadi kebiasaan yang tidak lagi dianggap buruk atau jelek, rokok terlanjur menjadi hoby sebagian besar manusia. Bahkan nyaris tidak ada hukum yang mengatur masalah yang satu ini. Padahal selain dilarang agama karena membahayakan manusia itu sendiri juga rokok kadang mendorong orang untuk merampok, mencuri dan berutang demi batang putih itu. Kita tidak bias membayangkan begitu jahatnya para perokok, membahayakan dirinya juga orang-orang yang ada disekitarnya (perokok pasif). Di Negara lain utamanya Negara maju seperti singapura melarang penduduknya merokok di tempat umum, mereka dihinakan dalam kubus tertutup. Semoga Negara Indonesia juga menerapkan hal yang sama sehingga mereka yang masih peduli akan kesehatannya tetap terjaga dan hak-hak meraka tetap mendapat perlindungan.
Kalau seandainya saja puntung rokok, sisa dari rokok para perokok di Indonesia, disambung dari Sabang sampai marauke niscaya akan sampai lah puntung itu ke ujung Sabang sampai Merauke. Dan kalau seandainya uang rokok diberikan kepada fakir-miskin yang ada di Indonesia niscaya tidak akan ada peminta-minta di jalan, pasar, mobil angkot dan lain-lain. Kalau uang para perokok dikumpulkan dan ditumpukkan di tanah lapang maka ia akan setinggi gunung Galunggung yang pernah meletus itu. Begitu banyaknya uang dihamburkan demi rokok. Sandainya uang rokok dikumpulkan lalu disatukan dan dikumpulkan dalam rekening di salah satu bank, maka tabungan itu lebih banyak dari pada kekayaan orang yang paling kaya nomor satu di dunia.
Dibawah ini saya mencoba mengungkap beberapa akibat buruk yang diakibatkan oleh rokok begitu pula pelakunya.
Data dari WHO tetang rokok menemukan bahwa kebiasaan merokok bisa membunuh empat kali lebih cepat dari pada mereka yang terbunuh karena AIDS, kecelakaan lalu-lintas, bunuh diri, pembunuhan, kebakaran, atau keracunan. Wahai para perokok, relakah engkau mati demi rokok?! Say No to Smoking !!!

Gara-gara Colombus
Tidak ada orang yang tak kenal rokok, bahkan hampir 75 persen manusia di kolom bumi ini pernah mencicipi sang pembakar uang itu. Namun anehnya meski pun sebagian besar mereka tahu bahaya rokok tapi tetap saja tak ambil pusing. Bahkan hanya sekian kecil manusia termasuk perokok tahu asal-usul rokok.
Jika Columbus tidak datang ke Amerika, mungkin dunia tidak mengenal yang namanya rokok. Tembakau yang nama latin Nikotiana Tobaccum Tobacco awalnya sebagai alat upeti untuk pelaut.
Pada tahun 600 SM, suku badui Amerika yang pertama kali menanam tembakau. Baru tahun ke satu masehi mereka memakai tembakau atau mereka sebut tobacco untuk obat dan mulai merokok. Kebiasaan penduduk pedalaman itu tidak pernah terbayangkan kalau akhirnya menjadi sebuah rutinitas penduduk bumi yang paling popular. Hingga menular ke penduduk kiblat ummat Islam, bahkan di sana bagai sebuah kemajuan dan kebanggaan bagi perokok. Nauzubillah, namun lebih bahaya dari pada itu, kepercayaan yang ada pada rokok adalah, asap tembakau bisa melindungi dari makhluk-makhluk halus yang jahat dan sekaligus memudahkan mendekati makhluk halus yang baik. Nah, kan kesyirikan pada asap rokok.

Indonesia di Peringkat Ke-lima
Convention on Tobacco Control yang diadakan oleh World Health Organization (WHO) 2003 atau 5 tahun lalu menunjukkan, perokok Indonesia berada pada peringkat ke-lima terbesar di dunia. Konvensi ini akan memperkirakan pada tahun 2030 jumlah perokok di dunia akan mencapai 1,6 miliyar dan 770 juta akan mengalami kematian karena disebabkan korban perokok aktif. Pada tahun 2002 juga memperlihatkan bahwa tembakau adalah penyebab dari empat juta kematian setiap tahun. Dan korbannya hampir di semua Negara-negara dunia ketiga. Salah satunya Negara yang dipimpin SBY-JK.
Indonesia penduduk umat Islam terbesar di dunia menjadi surga bagi perokok. Pantas kalau kita menuduh ada konspirasi tersendiri di balik rokok untuk membunuh kaum muslimin melalui asap dan 4.000 racun yang terkandung di dalamnya.
Di Negara kita ini tidak ada aturan bagi perokok, baik umur maupun jenis kelamin, tua-muda, sakit-sehat bahkan para penerima Raskin pun tak malu antri ambil bagian sambil menghisap Dji Samsu yang harganya jauh lebih mahal dari sekedar satu kilo beras.

Racun pada Rokok
Dalam satu batang rokok ada 4.000 zat kimia dan racun. Asap rokok secara langsung bias merusak sel-sel saluran pernafasan. Walau pun bukan perokok aktif.
Di antara zat yang berbahaya pada rook :

 Nikotin
Zat ini punya sifat adiktif, yang biasa bikin jadi ketagihan dan kecanduan yang susah ditinggalkan. Setelah dibakar dan dihisap 25% dari nikotin langsung masuk dalam peredaran darah perokok dan sampai ke otak manusia hanya dalam jangka 15 detik. Efeknya, mudah terjadi penyempitan pembuluh darah dan mengalami kekurangan oksigen di seluruh tubuh. Di setiap rokok zat ini berjumlah 8-20 mg (milligram)>
 Tar
Di dunia kedokteran dikenal zat Karsinogenik alias zat yang mampu menyebabkan kanker. Ampas dari asapnya akan menempel di paru-paru. Pelan-pelan sekitar 20 sampai 30 tahun, akan mengubah sel epitel bronkus normal di paru-paru menjadi sel kanker ganas.
 Karbon Monoksida atau CO
Sama dengan gas yang dikeluarkan oleh ujung knalpot mobil. Bahayanya, zat yang satu ini akan menghambat penyerapan oksigen oleh sel darah merah di dalam tubuh.
 Zat Beracun lainnya
Ammonia (bahan pembersih lantai), Benzen, Nitrosamin, Naftalen (kapur barus), Hidrogen Sianida, Radon, Aseton (penghapus cat kuku), Toluen, Metanol (bahan baker roket), Arsenik (racun semut putih), Butan (bahan baker korek api), cadmium (bahan aki mobil), DDT (bahan racun serangga) dan Vinil Klorida (bahan plastic).
Bayangkan kalau semua bahan berbahaya ini kita komsumsi tiap hati atau bahkan tiap detik, jadi apa tubuh ini?

Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Rokok

 Stroke Infark atau Serangan Otak
Jaringan otak mati akibat gangguan pendarahan atau serangan jantung.
Seorang perokok yang mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi lebih gampang terjangkit penyakit ini.

 Kanker
Kanker kulit, mulut, lidah, tenggorokan, kerongkongan, pita suara dan paru-paru yang paling banyak disebabkan oleh rokok.
 Jantung Koroner
Jantung akan berdebar lebih kuat dan bekerja lebih keras. Gas HCN atau Hidro Carbon Nitrogen yang dihirup dari asap rokok bias bikin karat lemak di otak, pembuluh darah dan jantung koroner.

 Menopause Dini
Bagi seorang wanita, selain itu rentan terkena penyakit infertilitas atau tidakkesuburan. Semua ini disebabkan oleh nikotin yang merusak saluran sel indung telur.

 Penyakit saluran Kemih dan Kanker Ginjal
Zat kimia yang ada pada rokok masuk dalam darah, melewati kandung kemih dan tertinggal di situ. Saat penyaringan di ginjal, karena zat yang kurang halus, sel-sel ginjal jadi rusak dan zat perusak tersebut bertumpuk di ginjal dan berubah jadi sel kanker.

Rokok Merusak Kecantikan
Merusak Kulit
Kerutan kulit pada wajah karena kurangnya zat oksigen yang masuk ke sel kulit wajah. Tubuh perlu 10% oksigen, sedangkan otak 30%. Pas merokok, zat CO yang ada di sekitar ikut masuk ke dalam tubuh. Zat CO ini bisa menghambat penyerapan oksigen oleh sel darah merah. Zat oksigen diambil oleh sel darah merah atau hemoglobin. Padahal setiap organ tubuh perlu oksigen! Jika kekurangan oksigen, kulit jadi berkerut terutama di bagian luar mata, sampai sekitar pipi dan mulut.

Merusak Gigi
Tar yang ada pada rokok akan menempel pada gigi dan mengubah warna gigi jadi kuning, lalu coklat dan akhirnya kehitaman. Jika warna gigi berubah, maka itu menunjukkan email gigi pun ikut rusak.

Bibir jadi Hitam
Suhu panas dari rokok membuat bibir berubah warna. Dari warna merah pelan-pelan menjadi ungu kehitam-hitaman. Mungkin pas pakai lipstick pun akan tetap terlihat.

Nashrun
Jakarta 25 April 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar